11 Tips Mudik Lebaran Agar Nyaman dan Aman di Perjalanan

Tips Mudik Lebaran Agar Nyaman dan Aman di Perjalanan

Tips Mudik Lebaran Agar Nyaman dan Aman di Perjalanan

Lebaran hampir tiba dan saatnya bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman. Ada yang dengan  motor, mobil pribadi dan ada juga yang dengan kendaraan umum. Apapun kendaraannya tak jadi masalah, begitu juga dengan kondisi dijalanan seperti macet, semua rintangan akan dihadapi untuk sebuah momen sekali dalam setahun yakni silaturahmi dan saling memaafkan sesama sanak keluarga.

Nah, bagi kamu yang ingin nyaman dan aman nantinya dalam perjalanan mudik. Berikut beberapa tips mudik lebaran yang simpel tapi sangat penting untk diperhatikan.

1. Buat daftar barang yang akan dibawa mudik
Hal ini sangatlah penting terutama bagi kamu yang sering lupa. Aturlah mana barang bawaan yang sangat penting untuk dibawa dan mana yang bisa di kondisikan di kampung halaman nantinya seperti gosok gigi, shampoo, sabun, hal-hal kecil seperti ini biasanya sudah ada di kampung atau juga bisa dibeli di warung terdekat dan juga harganya tidak terlalu mahal.

2. Cek kondisi kendaraan kalau perlu bawa ke servis resmi terdekat
Kondisi kendaraan yang fit sangatlah penting untuk diperhatikan apalagi jika menempuh perjalanan yang jauh agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya seperti mati di jalan atau kecelakaan. Kalau perlu bawa kendaraan mu ke servis resmi seminggu sebelum lebaran karena montirnya juga butuh lebaran.

3. Pastikan perlengkapan kendaraan lengkap
Perlengkapan kendaraan seperti obeng, kunci pas, dongkrak, mantel, helm dan lainnya pastikan sudah lengkap dan tidak rusak. Benda-benda tersebut akan sangat membantu jika dalam perjalanan terjadi masalah seperti ban bocor, pengaturan gas, dan lainnya.

4. Siapkan sparepart cadangan
Di saat mudik tentu tidak hanya kita saja yang pulang ke kampung, namun ada banyak orang yang akan memenuhi jalan. Macet biasanya menjadi masalah utama. Bagi kendaran, macet dapat mempengaruhi kondisi mesin, maka dari itu di butuhkan yang namanya sparepart cadangan seperti ban, tali rem, busi dan lainnya.

5. Pastikan kotak P3K ada dan tidak kadaluarsa
Ketika dalam perjalanan jauh, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di jalan nanti maka dari itu kotak P3K sangat penting untuk dibawa. Pastikan juga obat-obatan yang ada di dalamnya seperti kasa steril, cairan antiseptik, perban, minyak angin, obat sakit kepala dan lainnya harus dalam kondisi yang tidak kadaluarsa.

6. Jangan lupa untuk membawa musik dan film kesukaan
Yang namanya lebaran, pasti banyak orang yang pulang kampung sehingga membuat jalan menjadi macet. Nah, dengan membawa musik dan film kesukaan akan dapat mengusir rasa bosan saat macet. Musik yang happy dan film yang lucu akan membuat mood kamu tidak turun.

7. Bawalah peta
Di saat momen lebaran, banyak perusahaan jasa yang menyediakan peta bagi pemudik. Peta ini bukan hanya berisikan tentang jalur tempuh, juga berisikan tentang posisi pom bensin, posko Lebaran, dan kondisi jalan yang amat penting bagi para pemudik.

8. Servis kendaraan gratis
Biasanya pada saat lebaran, ada beberapa dealer kendaraan memberikan servis gratis kepada pelanggannya. Cobalah untuk mencari informasi dimana posisi servis gratis tersebut, biasanya mereka menawarkan jasa ganti oli dan filter gratis.

9. Pastikan Smartphone dalam kondisi full
Cobalah untuk mengecas smartphone mu semalam sebelum berangkat mudik. Kalau perlu bawa juga powebank dan baterai cadangan agar kamu tidak kerepotan nantinya mencari colokan listrik.

10. Pastikan kondisi tubuh dan stamina harus fit
Jika kendaraan yang akan dibawa mudik sudah dalam kondisi yang bagus, saatnya kamu harus memperhatikan kondisi tubuhmu. Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat dan stamina yang bagus karena perjalanan jauh membutuhkan banyak tenaga apalag disaat macet.

11. Bawa cemilan
Warung dan toko biasanya tutup saat lebaran. Oleh karena itu, bawalah cemilan saat pergi mudik agar kamu tidak merasa kering karena tidak ada asupan makanan.

Tidak perlu tergesa-gesa untuk mudik sehingga kamu banyak melupakan hal penting diatas. Persiapkan segalanya dengan matang, berdoa dan jangan lupa untuk berhenti dan beristirahat jika merasa mengantuk dalam perjalanan. Lebih baik telat sampai tujuan daripada cepat sampai tujuan namun yang pulang hanya nama.

Loading...