KATA SAMBUTAN PERPISAHAN SEKOLAH

Acara perpisahan sekolah adalah sebuah acara yang biasa dilakukan oleh sekolah untuk melepas siswa siswi kelas 3 (kelas 9 untuk SMP dan kelas 12 untuk SMA). Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memberikan kenang-kenangan bagi para siswa dan siswi. Agar menjadi kenangan yang indah dan tak dilupakan, acara ini harus dibuat dengan sedemikian rupa dan berkesan.

Dalam acara ini salah satu hal yang selalu ada adalah kata sambutan, mulai dari kata sambutan dari kepala sekolah, kata sambutan dari ketua panitia, dan kata sambutan yang mewakili siswa siswi. Biasanya kata sambutan diberikan sebagai sarana penyampaian pesan dan kesan selama beberapa waktu bekerja sama bersama. Jika disampaikan oleh kepala sekolah, kata sambutan ini dapat berisi pesan-pesan untuk anak didiknya, jika disampaikan oleh para siswa maka dapat berisi tentang kesan selama bersekolah di sekolah tersebut dan dapat pula berisi tentang ucapan terima kasih kepada guru dan kepala sekolah yang telah mendidik tanpa lelah.

Nah untuk anda yang akan memberikan kata sambutan dalam acara perpisahan, berikut ini kami memberikan beberapa contoh kata sambutan perpisahan yang mungkin dapat membantu anda. Mari simak ulasannya.

Contoh 1 :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, imma ba’du

Yang terhormat para dewan guru, para siswa dan siswi, anak-anakku sekalian yang saya cintai. Marilah kita bersyukur kepada Allah swt. yang senantiasa menganugerahkan rahmat, taufiq dan petunjuk-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di sekolahan yang kita cintai ini, dalam rangka perpisahan atau pelepasan para siswa siswi yang telah menyelesaikan studinya di sekolah yang kita cintai ini.

Para bapak dan ibu guru serta anak-anakku sekalian yang saya cintai. Sebagai kepala sekolah kami merasa bangga dengan prestasi yang kalian capai, di mana peserta ujian akhir dari sekolahan kita ini, dapat lulus seratus persen. Prestasi yang membanggakan ini, tentu berkat kerja keras dan kesungguhan kita semua dalam melakukan proses belajar mengajar di sekolahan yang kita cintai ini.

Oleh sebab itu dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua bapak dan ibu guru yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh kesungguhan. Semoga kesungguhan dan jerih payah bapak dan ibu guru sekalian akan mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Kuasa dengan balasan yang setimpal. Dan kami juga tetap mengajak kepada semua bapak dan ibu guru untuk terus meningkatkan kualitas anak didik kita yang lebih baik lagi. Tak hanya itu, kami pun meminta partisipasi dari semua pihak, utamanya para wali siswa untuk membantu kami guna meraih perestasi yang lebih gemilang, baik secara fisik maupun non fisik sekolahan kita ini.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai. Kalian memang telah menyelasaikan belajar secara formal tingkat SMU di sekolahan itu, tapi itu bukan berarti kalian telah selesai dan mengakhiri belajar. Janganlah kalian merasa cukup dan bangga dengan predikat kelulusan yang telah kalian raih. Kami berharap kalian terus belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sesuai dengan bakat yang kalian miliki masing-masing. Do’a kami selalu mengiringi perjuangan kalian, bagi yang meneruskan ke perguruan tinggi, semoga apa yang kalian cita-citakan itu dapat tercapai dengan baik. Ukirlah prestasi dan nama baik kalian, prestasi dan kesuksesan kalian tentu juga akan mengaharumkan nama baik almamater yang kita cintai ini.

Sementara bagi anak-anakku yang satu dan lain hal sehingga terpaksa tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, kami terkhususnya saya juga berdo’a, semoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat, kalian juga bisa belajar walaupun tidak secara formal. Karena ilmu Tuhan amatlah luas, apa kita peroleh dan ketahui itu, hanyalah sedikit. Tidak ada kata berhenti belajar. Bukankah Nabi kita telah bersabda bahwa belajarlah kalian sejak mulai dari ketika masih dalam kandungan sampai kalian masuk ke liang lahad, alias mati. Kami pun berdoa agar kalian dapat segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai, perlu kalian ingat bahwa di luar sana tugas berat telah menanti, kalian dituntut memiliki kecerdasan dan keuletan serta ilmu pengetahuan yang memadai untuk dapat menghadapinya dengan baik. Kita hidup di era global, berkat kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi apapun dapat kita ketahui wálaupun kita berada di dalam kamar. Arus budaya barat begitu deras mengalir membedah dan membobol tanggul-tanggul peradaban kita yang elok. Dalam kondisi yang semacam itu kalian harus memiliki kejelian untuk mengambil yang baik dan mencampakkan yang tidakbaik. Pegang teguhlah etika dan akhlak yang luhur, jangan sampai kalian terseret, oleh arus budaya yang merusak nilai-nilai keelokan yang dijunjung tinggi oleh agama kita.

Selanjutnya, kami juga tidak lupa meminta maaf pada saudara sekalian, atas segala kekhilafan dan kesalahan kami segenap dewan guru. Mungkin dalam pandangan anak-anakku semua kami terkesan keras atau bahkan mungkin sampai sedikit memukul pada kalianyang membuat kalian kurang berkenan, walaupun sesungguhnya itu kami lakukan bukan karena ketidak sukaan atau kebencian terhadap kalian, tetapi itu semua terjadi pada dasarnya adalah demi kebaikan kalian semua. Namun demikian bila kalian anggap menyakitkan dan tidak berkenan kami pun minta maaf kepada kalian semua.

Akhirnya, dengan berberat hati kami ucapkan selamat jalan wahai anak-anakku tercinta, semoga Tuhan senantiasa membimbing dan memberkati perjalanan kalian semua, amin. Ihdinas shirathal mustaqiim, tsummas salamu ‘alaikum warahma tullahi wabarakatuh.

Contoh 2 :

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP… serta  Bapak dan ibu guru SMP…yang kami hormati. Tak lupa pula kepada Bapak dan Ibu orang tua siswa SMP…. Yang berbahagia dan kepada seluruh teman-teman dan adik-adik kelas yang kami cintai.

Alhamdulillah wasyukurillah, kami panjatkan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala karena pada kesempatan ini kami bisa berdiri di hadapan Bapak dan Ibu sekalian dan merupakan suatu kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk mengucapkan pemohonan maaf yang tidak terhingga jika ada kesalahan selama kami belajar di SMP…

Pada acara Perpisahan kelas 9 SMP….tahun ajaran 2010/2011 ini, Kami , mewakili teman-teman kelas 9 SMP ….menyadari jika selama kami menjadi siswa di SMP …..ini membuat Bapak dan Ibu guru kesal, marah dan kecewa terhadap prilaku kami baik sengaja ataupun tidak sengaja, dengan segala kerendahan hati, kami mohon maaf yang tidak terbatas, dan kami sangat berharap dengan segala ketulusan hati agar kiranya bapak dan Ibu Guru SMP … bekenan memberikan maaf pada kami.

Pada kesempatan ini pula kami selaku wakil dari teman-teman kami kelas 9 SMP… Juga memohon maaf pada bapak ibu, ayah bunda kami, atas kesalahan kami baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja serta mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu guru dan juga ayah bunda yang telah mendidik dan menjaga  kami sehingga kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi.

Untuk teman-temanku sekalian dan adik-adik kelasku tercinta, selama 3 tahun lamanya kita bersama, tentu saja  ada rasa suka maupun duka sering kita rasakan. Semua itu tentu saja tidak akan terlupakan begitu saja dan akan menjadi kenangan selamanya. Walaupun rasanya hati ini terasa berat, namun pada acara perpisahan ini tak ada kata lain yang bisa kami ucapkan selain Kata “ Selamat Berpisah” dan selamat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Raga Boleh berpisah Namun Jiwa kita tetap akan selalu bersama.

Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya, sekali lagi kepada Bapak Kepala Sekolah SMP…. Serta Bapak Dan Ibu guru yang sangat kami hormati, kami mengucapkan selamat berpisah, Do’a dan Restu Bapak dan Ibu sangat kami harapkan untuk kami terus maju meraih cita-cita, Semoga SMP …. Tetap selalu jaya.

Amin ..allahumma Amin…
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Demikianlah ulasan kami mengenai kata sambutan perpisahan sekolah. Semoga dapat membantu.

 

Loading...