KATA SAMBUTAN PERPISAHAN SMA

Dalam setiap acara formal tentu saja kata sambutan menjadi salah satu dari rangkaian acara yang biasa dilakukan. Dengan adanya kata sambutan ini biasanya banyak hal yang dapat disampaikan, baik seputar acara tersebut atau yang lainnya. Salah satu acara yang biasa kita jumpai adalah acara perpisahan SMA. Di acara ini yang biasa menyampaikan kata sambutan adalah kepala sekolah, siswa-siswi yang menjadi peserta perpisahan, ketua osis, atau juga ketua panitia acara perpisahan tersebut.

Nah untuk menyampaikan kata sambutan ini hendaknya tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Karena biasanya dalam sebuah acara perpisahan semacam ini banyak disuguhkan beberapa hiburan seperti tarian dari para siswi kelas 10 dan 11, paduan suara, pembacaan puisi, dan berbagai hiburan lainnya. Untuk itu, akan lebih baik jika kata sambutan itu disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan beberapa contoh kata sambutan acara perpisahan SMA.

Contoh 1 (kata sambutan perpisahan SMA mewakili siswa kelas 12) :

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Yang terhormat Bapak ……………….. selaku kepala sekolah SMA Negeri ……………
Yang terhormat Bapak ……………. selaku wakil kepala sekolah
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru serta seluruh staff SMA Negeri ……………..
Yang terhormat Bapak dan Ibu wali murid
dan seluruh teman-teman yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kita semua bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam rangka pelepasan siswa-siswi kelas 12 yang telah berhasil dalam melaksanakan ujian akhir. Dan tak lupa marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke dalam suatu agama yang telah dirahmati oleh Allah SWT yaitu islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak, Aamiin

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya mewakili seluruh teman-teman kelas 12 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata di hari perpisahan kami ini. Terimakasih juga saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah berusaha dengan keras untuk mewujudkan acara ini.

Sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada teman-teman kelas 12 atas keberhasilannya dalam mengikuti ujian akhir dan kelulusannya serta selamat juga kepada pihak sekolah atas keberhasilan yang diraih tahun ini karena sekolah kita telah berhasil dalam meluluskan 100% siswa-siswinya.

Hadirin yang berbahagia,

12 tahun sudah kita menempuh pendidikan formal di sekolah. Banyak suka, duka, tawa dan tangis yang telah kita lalui bersama.  Hingga akhirnya hari yang ditunggu-tunggu itu pun tiba, hari dimana kita semua lulus dan meninggalkan sekolah ini. Sungguh berat rasanya untuk meninggalkan ini semua karena kenangan-kenangan yang telah terukir selama bersekolah di sini sangatlah indah. Kami pun menyadari bahwa akan tiada lagi kegiatan pergi sekolah setiap pagi, upacara bendera dan omelan Bapak dan Ibu guru, semua hal itulah yang pasti akan sangat kami rindukan. Kami juga akan merindukan suasana, teman dan tugas-tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu guru semua.

Namun, kami menyadari bahwa masa-masa indah tersebut telah berlalu, kini tiba saatnya bagi kami untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya, dimana kami bisa menerapkan semua ilmu-ilmu yang telah kami dapatkan selama kami belajar di sekolah ini. Dan ingatlah teman-teman ku sekalian, bahwa saat ini bukan akhir dari perjuangan kita dalam menuntut ilmu namun melainkan baru langkah awal untuk menentukan masa depan kita semua. Untuk itu, hendaknya kita semua bijak dalam menentukan pilihan masa depan yang akan dijalani.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini, saya mewakili seluruh teman-teman mengucapakan terimakasih kepada Bapak dan Ibu guru atas pengorbanan dan waktunya dalam mendidik kami semua sehingga kami bisa menjadi manusia yang lebih dewasa, penuh tanggung jawab dan berbakti kepada orang tua. Tanpa kalian kami bukanlah apa-apa, sungguh besar jasa-jasa yang telah kalian berikan kepada kami. Semoga Allah swt membalas semua jasa-jasa kalian dan semoga Bapak dan Ibu guru diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menjalankan tugas mulia ini Aminnn.

Kami juga berpesan kepada adik-adik kelas untuk rajin-rajinlah belajar dan gunakanlah waktu kalian yang tinggal sedikit ini untuk melakukan hal-hal yang positif bersama teman-teman karena masa SMA adalah masa yang paling indah yang tidak akan kalian dapatkan kembali. Jangan sampai kalian menyesal karena menyia-nyiakan masa remaja yang indah. Ingatlah selalu slogan “Yang Muda Yang Berkarya”.

Untuk teman-teman seperjuangan, teruslah berjuang. Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus, Semoga kalian dapat belajar di kampus yang kalian impikan dan belajarlah dengan giat serta jadilah mahasiswa yang baik dan aktif. Marilah kita tunjukan bahwa SMA Negeri …………………. adalah penghasil mahasiswa-mahasiswi yang berkualitas. Dan bagi teman-teman yang ingin berkerja, semoga kalian menemukan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan dan sukses dengan karir kalian yang akan datang.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan ibu guru, dan juga selamat kepada siswa-siswi kelas 12 atas kelulusannya. Semoga kita bisa bertemu lagi dalam waktu dan keadaan yang berbeda dimana kita semua telah menggapai cita-cita kita semua.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya dan saya akhiri

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, Salam Sejahtera untuk semuanya.

Contoh 2 (kata sambutan kepala perpisahan SMA disampaikan oleh kepala sekolah) :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, hidayah dan taufiknya sehingga kita bisa hadir diacara pelepasan, siswa kelas XII ini.

Bapak/Ibu guru, para tamu undangan serta anak-anakku kelas X, XI, dan XII, kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan dukungan pada acara perpisahan sekolah ini sehingga dalam waktu yang singkat acara perpisahan siswa siswi kelas XII SMA ……………. Tahun ajaran ………….. ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Bapak, Ibu serta anak-anakku yang berbahagia, setelah menempuh pendidikan di SMA………………. ini selama 3 tahun, hari ini merupakan hari yang menandai bahwa kita akan segera berpisah. Untuk selanjutnya kalian harus pergi lagi menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita dan mimpi kalian.

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk nencapai mimpi dan cita-cita kalian:

Pertama: Tentukan target dan tujuan hidup kalian karena kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya atau hadir begitu saja dalam kehidupan seseorang. Kesuksesan merupakan sebuah proses yang terjadi dari berbagai rangkaian peristiwa.

Yang Kedua adalah jangan pernah takut untuk bermimpi dan wujudkan mimpi kalian. Bermimpilah karena mimpilah yang akan membuat seorang pengecut berani melangkah dan mimpilah yang akan membuat semangat kita terbakar untuk mewujudkan dan menggapai cita-cita kita.

Dan yang terakhir adalahtTemukan nilai diri kalian karena setiap individu memiliki bakat dan potensi yang berbeda dalam diri masing-masing individu. Seorang yang sukses adalah mereka yang mampu melihat bakat dan potensi yang dimiliki serta mampu mengembangkan bakat dan potensinya tersebut.

Anak-anakku tercinta

Jagalah nama baik sekolah kita dimanapun kalian memijakkan kaki. Luapkan kegembiraan kelulusan nanti dengan sujud syukur insya allah jika kita bersyukur akan diberi nikmat yang lebih besar. Selamat jalan anak-anakkku sekalian! Semoga Tuhan mempertemukan kita kembali dimasa yang akan datang.

Bapak, Ibu serta anak-anakku sekalian

Semoga kita semua dapat mencapai apa yang kita cita-citakan agar SMA ………………………… menjadi sebuah lembaga pendidikan yang dapat berkiprah ditatanan regional maupun nasional.

Mudah-mudahan pesan dan kesan ini, dapat mendatangkan berkah dan manfaat kepada kita

Akhir kata saya ucapkan Wabillahitaufikwallidayah Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah ulasan kami mengenai kata sambutan perpisahan sekolah beserta contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua. Sampai jumpa di ulasan kami yang berikutnya.

Loading...