KATA SAMBUTAN PERPISAHAN PPL (PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN)

Praktek Pengalaman Lapangan atau yang juga dikenal dengan singkatan PPL, adalah suatu program mata kuliah proses pembelajaran yang menjadi persyaratan dalam pendidikan prajabatan guru. Program ini menjadi titik kulminasi dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa di bangku kuliah. PPL merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan dalam rangka pembentukan guru yang professional.

Masa praktek tersebut biasanya ditetapkan selama beberapa bulan. Setelah masa praktek berakhir, tak jarang dilakukan sebuah acara perpisahan di tempat praktek kerja itu. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada para guru dan kepala sekolah tempat para mahasiswa melakukan ppl. Dan tak lengkap rasanya acara tersebut jika tanpa adanya kata sambutan dari para mahasiswa. Jika anda dipercaya untuk menyampaikan kata sambutan tersebut, berikut ini kami berikan sebuah contoh yang mungkin dapat membantu anda.

Contoh :

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Palembang.

Yang terhormat Bapak Juharyadi, S.Pd selaku dosen pembimbing.

Yang terhormat Ibu Herlina Sari, S.Pd selaku guru pembimbing kami di SMP Negeri 1 Palembang.

Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMP Negeri 1 Palembang.

Serta yang kami sayangi para siswa SMP Negeri 1 Palembang dan Teman-teman seperjuangan para mahasiswa dari FKIP Universitas Sriwijaya.

Marilah tidak henti-hentinya kita mengucapkan rasa syukur atas anugerah dan izin Allah SWT, maka kita dapat berkumpul pada hari ini dalam rangka perpisahan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya di SMP Negeri 1 Palembang.

Pada hari yang cerah ini, saya sebagai perwakilan dari Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sangat mendalam bagi Bapak/Ibu guru SMP Negeri 1 Palembang atas bimbingan, arahan, dan ilmu yang telah diberikan kepada kami selama menjalani masa praktek. Tentu saja hal ini menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berarti bagi kami. Karena banyak pengalaman dan ilmu yang mungkin tidak kami dapatkan di kelas sebagai mahasiswa dan kini kami dapatkan di sekolah ini.

Rasa terima kasih yang sangat mendalam tentu saja kami haturkan kepada kepala sekolah dan guru pembimbing kami selama disini. Karena berkat arahan dari mereka, maka kami dapat melaksanakan praktek pengalaman lapangan ini dengan baik. Mereka tak pernah segan memberikan nasehat yang pastinya dapat berguna bagi kesuksesan kami kelak. Kami disini bukan hanya sekedar menjadi mahasiswa di mata mereka, melainkan sudah seperti anak mereka sendiri.

Saya sebagai perwakilan dari Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, serta para siswa SMP Negeri 1 Palembang jika selama berada di sekolah ini kami telah melakukan kesalahan. Mohon maaf juga terutama kepada para siswa SMP Negeri 1 Palembang jika terdapat kekurangan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Adik-adik sekalian kami pun memohon maaf jika ada perkataan dan perbuatan kami yang membuat kalian kurang nyaman.

Kesan kami selama menimba ilmu disini tentu saja sangat senang. Kami berharap silahturahmi yang kita jalin selama 3 bulan terakhir ini tidak berakhir sampai disini saja. Karena kami sudah seperti menemukan keluarga kedua di tempat ini. Kami pun berharap dilain waktu, kami dapat kembali membantu berbagai kegiatan di SMP Negeri 1 Palembang ini.

Baiklah hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan, kepada Allah SWT saya memohon ampunan. Semoga sukses bagi semua guru dan siswa SMP Negeri 1 Palembang.

Wabillahi taufiq walhidayah

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Loading...