KATA SAMBUTAN ACARA PENGAJIAN RUTIN

Dalam sebuah acara, kata sambutan adalah hal yang sudah biasa dijumpai. Tak terkecuali pula sebuah acara pengajian rutin. Nah tak menutup kemungkinan pula jika anda akan diminta untuk memberikan kata sambutan di acara tersebut. Kata sambutan ini sendiri disampaikan sebagai pembuka dari acara pengajian tersebut. Perlu anda ingat, dalam menyampaikan kata sambutan acara pengajian ini tak perlu terlalu panjang. Karena tentu saja dalam sebuah acara pengajian akan diadakan pula tausiah agama, maka untuk menyingkat waktu dan menghindari kebosanan para jamaah.

Biasanya dalam pengajian rutin, kata sambutan dapat pula disampaikan oleh pembawa acara langsung. Maka dari itu, dalam kata sambutan tersebut tidak ada salahnya jika anda langsung membacakan susunan acaranya. Hal ini dirasa akan lebih efektif dan tak terlalu memakan waktu. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan contoh kata sambutan acara pengajian rutin.

Contoh 1 :

Assalamualaikum Warrahmatullohi Wabarakatuh

Yang terhormat Ust.(nama ustadz/ustadzah yang mengisi acara), Kepada Bapak-Bapak, Ibu-ibu, saudara, saudari yang bebahagia. Alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah Swt, karena pada malam hari ini kita bisa berkumpul seperti biasa, yaitu mengadakan penggajian rutin di Mesjid (nama masjid tempat acara) ini. Mudah-mudahan pertemuan kita pada siang hari ini membawa berjuta kebaikan yang dapat menolong kita di akhirat kelak.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, karena beliaulah sebagi uswatun Hassanah yang patut kita jadikan suri tauladan dalam kehidupan ini.

Baiklah, untuk menyingkat waktu langsung saja saya bacakan susunan acara yang akan berlangsung :

1. Pembukaan (yang sudah kami buka)
2. Sambutan takmir setempat
3. Pengajian rutin
4. Penutup doa

Dan untuk memulai pengajian kita pada siang ini, mari kita awal acara ini dengan bacaan basmallah “Bismillahir rahmanirrahim”. Selanjutnya kita masuk ke acara kedua yaitu sambutan dari Takmir Masjid (nama masjid tempat acara), Kepada Bapak ………  kami persilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak …………… yang telah memberikan sambutan dan mengajak kepada jama’ah mushola agar berpartisipasimengikuti pengajian tersebut.
Acara selanjutnya, yaitu pengajian rutin,dalam hal ini akan di sampaikan oleh Ust. ……………… Kepada beliau kami persilahkan.

……………………….

Dengan begitu jelasnya pengajian disampaikan kepada kita semua, tentang keutamaan bulan Muharam, mudah-mudahan kita bisa memahami, sehingga menggunakan lidah kita terhadap sesuatu yang bermanfaat. Kepada Ust………………….kami haturkan berjuta terimakasih.

Acara selanjutnya, yaitu penutup do’a, oleh karena itu para jamaa’ah semua agar berkenan memanjatkan doa kepada Allah SWT, Mudah-mudahan acara pengajian rutin ini membawa kebaikan, dilimpahi berkah oleh Allah SWT, dan bisa berlangsung sebagaimana yang kita harapkan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan kepada Allah saya mohon ampun.

Waassalamu’alaiikum warrahmatulloh Wabarrakatuh.

Contoh 2 :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamduhillahi rabbil ‘alamin, wa bihi nasta’inu ‘alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aahihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du:

Kepada yang terhormat bapak kiai ……….., para ustadz yang saya muliakan, saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada malam ini kita dapat berkumpul di rumah Bapak …………..  yang kebetulan mendapatkan giliran sebagai tempat terlaksananya pengajian pengajian rutin bulanan yang kita adakan bersama, tanpa ada suatu halangan apapun.

Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi kita Muhammad SAW yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam. Semoga Allah selalu menempatkan beliau di sisinya yang paling indah.

Saudara ku yang dirahmati Allah, atas nama pimpinan Majlis Ta’lim atau perkumpulan jama’ah pengajian rutin bulanan, tak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada yang terhormat bapak kiai……………Yang berkenan hadir di majlis ini. Kami mengharapkan nanti beliau bersedia memberikan mauidhatul hasanah kepada kita semua. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada bàpak ……………… yang telah menyediakan tempat demi terlaksananya kegiatan rutin kita ini, mudah-mudahan amal baiknya ini mendapatkan balasan dari Allah SWT dengan balasan yang lebih baik. Semoga beliau mendapatkan kemuliaan dari Sang Maha Pencipta. Aamiin ya rabbal alamin.

Selanjutnya, kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua anggota atas kesediaannya untuk menghadiri kegiatan pengajian rutin ini, kami menghimbau agar kiranya kekompakan dan kebersamaan kita ini dapat terus terbina dan ditingkatan lagi demi tetap terlaksananya kegiatan ini secara istiqamah. Karena kegiatan pengajian rutin atau majlis ta’lim semacam ini sangat penting kita adakan sebagai sarana untuk menyegarkan semangat keagamaan, semangat beribadah, dan sebagai sarana untuk menjalin silahturahmi di antara kita.

Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan partisipasinya demi terselenggaranya pengajian ini, semoga semua itu dicatat oleh Allah sebagai amal salih, amiin ya rabbal ‘alamin. Demikianlah sambutan yang perlu saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hadanallahu wa iyyakum ajma’in was salaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah ulasan kami mengenai kata sambutan acara pengajian rutin yang dapat kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.

Loading...