KATA SAMBUTAN PERNIKAHAN MEWAKILI PIHAK PEREMPUAN

Dalam sebuah acara resmi, hal yang tak pernah ketinggalan biasanya adalah kata sambutan. Begitu pula dalam acara pernikahan. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah acara pernikahan ada yang namanya kata sambutan mewakili tamu undangan, kata sambutan mewakili pihak laki-laki, dan kata sambutan mewakili pihak perempuan. Semua kata sambutan ini merupakan kata sambutan yang selalu ada dan penting dalam acara tersebut.

Hal ini dikarenakan, biasanya melalui kata sambutan ini pula setiap pihak dapat menyampaikan rasa terima kasih serta memberikan nasehat-nasehat pernikahan kepada mempelai. Nah jika pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai kata sambutan pernikahan mewakili pihak laki-laki, kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai kata sambutan pernikahan mewakili pihak perempuan.

Ada beberapa hal yang perlu anda ingat dalam menyampaikan kata sambutan pernikahan. Yang pertama adalah ingat nama jelas kedua mempelai dan orang tuanya, kemudian berikan nasehat pernikahan yang dapat menjadi bekal mereka mengarungi rumah tangga, dan jangan memberikan kata sambutan yang terlalu panjang. Sebab jika terlalu panjang dikhawatirkan orang akan merasa jenuh mendengarnya.

Dan berikut ini adalah contoh kata sambutan pernikahan mewakili pihak perempuan.

Contoh :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat Siang, Salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak-bapak, ibu-ibu, serta saudara saudari yang kami hormati,

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur alhamdulillah, atas nikmat dan rahmat-Nya yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada siang hari yang berbahagia ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan ananda (nama mempelai pria).

Selanjutnya puja dan puji juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, semoga beliau senantiasa di tempatkan di sisi Allah SWT sebagai umatnya yang paling mulia. Aamiin ya rabbal alamin.

Atas nama ayahanda putri kami tercinta (nama mempelai wanita), yang pada siang hari ini duduk berdampingan dengan sang raja sehari (nama mempelai pria), kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan pengantin pria, khususnya selamat datang kepada keluarga besar putra (nama mempelai pria). Semoga itikad baik saudara-saudara itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

Hadirin yang berbahagia, rasa syukur tentu saja tidak henti-henti kami ucapkan karena atas izin Allah SWT putri kami ini dapat bertemu dengan ananda (nama mempelai pria). Atas izin Allah pula mereka berdua Insya Allah merupakan jodoh dunia akhirat. Kami dari pihak mempelai perempuan Insya Allah dengan tulus menerima keluarga besar Bapak (nama ayah mempelai pria) sebagai keluarga sendiri, sekaligus juga tentunya menerima ananda (nama mempelai pria) sebagaimana layaknya putra sendiri. Mudah-mudahan hubungan keluarga ini mendapat berkah dari Allah SWT hingga di akhirat kelak. Aamiin ya rabbal alamin.

Kepada ananda (nama mempelai pria), kami dari selaku orang tua dari ananda (nama mempelai wanita) berpesan, saat ini anak kami tersebut sudah sah menjadi istri mu, maka kini ia adalah tanggung jawabmu. Kasihi ia dengan sepenuh hatimu, cintai ia dengan segenap jiwa ragamu, serta ingatkan ia jika dia melakukan kesalahan. Bimbinglah istrimu untuk senantiasa beribadah kepada Sang maha Pencipta. Ananda (nama mempelai pria), nafkahi pula istri dan anakmu kelak dari sumber yang halal, karena berkah Allah selalu mengalir pada rezeki yang halal tersebut.

Hadirin sekalian yang kami hormati, atas nama keluarga besar (nama ayah mempelai wanita) juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran serta berbagai bantuan lainnya. Terima kasih pula karena bapak ibu saudara saudari sekalian telah ikut serta berbahagia bersama kami dan dengan tulus ikhlas memberikan doa restu kepada kedua mempelai.

Saya rasa cukup sekian kata sambutan dari saya, atas nama Bapak (nama ayah mempelai wanita) sekeluarga kami mohon maaf, jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam acara resepsi siang hari ini.

Barakallahu laka wabaraka, alaika wa jama`a bainakuma fi khair.

Billahitaufiq walhidayah,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Loading...