KATA SAMBUTAN ACARA 17 AGUSTUS

17 Agustus adalah hari dimana semua rakyat Indonesia bersuka ria. Hal ini karena pada tanggal tersebut Indonesia merayakan kemerdekannya. Biasanya diseluruh Indonesia akan diadakan berbagai perlombaan sebagai bentuk kegembiraan dan sebagai ajang untuk memperingati moment spesial tersebut. Ada kalanya kita akan terpilih sebagai ketua panitia acara peringatan HUT RI. Dengan demikian, maka biasanya kita wajib memberikan sedikit pidato sebagai kata sambutan. Atau tak hanya ketika anda menjadi ketua panitia, namun anda ditunjuk sebagai salah satu orang yang memberikan kata sambutannya.

Untuk itu, anda perlu menyampaikan hal-hal penting dan memberikan sedikit motivasi untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal yang positif. Akan lebih bagus pula jika anda memberikan pesan bagi generasi muda untuk tidak terlibat berbagai hal negatif. Anda juga bisa mengisi pidato anda dengan sedikit menceritakan bagaimana perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan.

Agar lebih jelas, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan acara 17 Agustus.

Contoh 1 :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabartakaatuh.
Dengan anugerah Allah SWT, yang telah diberikan kepada kita semua berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga di pagi yang cerah ini kita sebagai bangsa Indonesia, baik di kota maupun pelosok tanah air, bisa memperingati hari yang amat bersejarah, yaitu kemerdekaan.
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.
Pagi hari ini tepatnya tanggal 17 Agustus tahun …. berarti bangsa Indonesia memperingati Indonesia merdeka yang ke ….Hari yang bersejarah, tak pernah dilupakan selalu dikenang, diperingati, karena mulai tanggal dan bulan tersebut Indonesia lahir, Indonesia bebas dari cengkeraman penjajah yang menindas, Indonesia bebas dari penjajahan hak asasi bangsa Indonesia waktu itu.
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.
Ketahuilah bahwasannya kemerdekaan semata-mata anugerah dari Allah Swt, dan juga disertai perjuangan yang benar-benar mempertaruhkan nyawa, tak kenal lelah, tak pantang mundur, tak putus asa semuanya demi Indonesia yang tercinta ini. Pada pejuang kita bermandikan darah aikibat serangan dari penjajah angkara murka. Para penjajah bersenjatakan serba lengkap, tetapi pejuang kita hanya menggunakan senjata tradisional, yakni bambu runcing. Meskipun sangat sederhana dan tentu saja tak seimbang, namun semangat berkobar membara pejuang kita terus maju, maju, maju tak selangkahpun mundur. Mereka bersemboyan lebih baik mati dari pada diinjak-injak penjajah. Selain hal itu, tentu saja perjuangan para pahlawan tersebut tak luput dari pertolongan dari sang maha pencipta, Allah SWT. Dengan ridho yang ia berikan, maka para pejuang Indonesia mampu mengibarkan bendera merah putih selamanya.
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.
Sebagai bangsa Indonesia hendaknya mengetahui tentang liku-liku perjuangan untuk merebut tanah air Indonesia. Sehingga sebagai generasi penerus tentunya merasa bangga dan menghargai jasa-jasa beliau para pejuang, yang banyak mati di medan perang demi Indonesia yang tercinta. Kita sebagai generasi penerus hendaknya mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya atas anugerah kemerdekaan Indonesia ini. Isi kemerdekaan ini dengan belajar, dan bekerja yang giat sesuai dengan profesi masing-masing.
Saudara-saudara ku sekalian.
Sebagai generasi muda kita harus mampu mendukung pembangunan di Indonesia dengan sepenuhnya, ikut serta turun aktif, serta menjaga dan melestarikan pembangunan yang sudah wujud itu, jangan malah bikin keributan, perusakan, hura-hura yang berakibat mengganggu ketenangan masyarakat, mengganggu ketertiban keamanan, bila hal tersebut sampai terjadi sedemikian itu maka namanya generasi muda yang tidak mau mengisi serta meneruskan kemerdekaan, Indonesia. Itu namanya generasi muda yang tidak berfikir rasional hanya bersenang-senang membuat keributan, bahkanmenentang pemimpin padahal orang Islam harus patuh dan laat kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada pemimpin-pemimpin kita.
Saudara-saudaraku yang ku cintai.
Melalui pidato peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke …. saya mengajak terutama kepada pribadi saya dan kepada lapisan generasi muda, mari kita melaksanakan aktifitas yang positif demi kemajuan kita bersama, agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif maju demi bangsa Indonesia. Dengan kemajuan yang begitu pesat negara Indonesia yang tercinta ini kita harus bangga atas keberhasilan pemimpin-pemimpin kita.
Maka dari itu, marilah saudara-saudara ku, kita berdo’a kepada Allah Swt, semoga bangsa Indonesia tetap jaya selamanya, semoga Indonesia selalu mendapatkan pemimpin yang amanah, semoga pemimpin-pemimpin kita tersebut diberi kekuatan untuk memimpin beraneka ragam corak bangsa Indonesia. Semoga bangsa Indonesia diliputi dengan kedamaian, ketentraman dan jauh dari berbagai gangguan, baik yang datangnya dari luar-maupun dari dalam.
Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati saudara sekalian saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Allah saya mohon ampun.
Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Contoh 2 (sebagai ketua panitia acara HUT RI) :
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabartakaatuh.
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkah dan keridhoannya kita masih dapat berkumpul di tempat ini. Di hari yang sangat cerah ini, kita akan memperingati hari ulang tahun negara kita tercinta, Indonesia. Suka cita serta rasa haru tentu kini sedang menyeruak di hati kita semua. Karena pada hari ini kita dapat kembali mengenang bagaimana sulitnya para pahlawan berjuang untuk merebut kemerdekaan. Dapat dipastikan bahwa perjuangan mereka sangat berat, tak hanya mengorbankan waktu dan tenaga, namun juga mempertaruhkan nyawa. Namun hal tersebut tiada berarti bagi mereka, selain berjuang untuk membebaskan negeri ini dari kezoliman para penjajah. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus, hendaknya mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang berguna terutama untuk bangsa, negara, dan agama.
Hadirin yang saya cintai dan hormati,
Perkenankan saya mewakili seluruh rekan panitia Peringatan HUT RI ke-72 untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan acara ini. Yang pertama kami mengucapkan berjuta terima kasih kepada semua donatur yang telah memberikan dana untuk melaksanakan acara ini. Kemudian saya secara pribadi menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak………, sebagai ketua RT dan Bapak………, sebagai ketua RW yang selalu memberikan dukungan serta nasehat kepada kami. Semoga yang bapak, ibu, dan saudara lakukan ini akan mendapatkan ganjaran pahala terbesar dari Allah SWT.
Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang rela meluangkan waktunya untuk turut serta menyiapkan acara ini dengan sangat baik. Untuk itu mari kita lebih kobarkan semangat, karena tugas kita belum selesaikan. Mari kita sukseskan acara hari ini menjadi lebih sempurna.
Bapak-bapak, ibu-ibu, saudara saudari, serta adik-adik ku sekalian, hari ini kita akan bersuka cita dengan berbagai kegiatan menarik. Kegiatan kita hari ini diantaranya adalah lomba balap karung, lomba panjat pinang, lomba memasak, pertandingan sepak bola, pertandingan voli, lomba anak-anak, dan masih banyak lagi. Puncak acara akan dilaksanakan pada malam ini pukul 19.00 WIB. Akan ada pesta rakyat sekaligus pembagian hadiah.
Demikian kata sambutan yang dapat saya sampaikan, apabila kesalahan saya dengan tulus meminta maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Selamat mengikuti kegiatan hari ini, semoga kalian menjadi salah satu pemenangnya.
Merdeka……!!!!!!!!!
Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.