KATA SAMBUTAN RT UNTUK PERNIKAHAN

Sebagai seorang RT ada kalanya anda akan diminta untuk memberikan kata sambutan, terutama untuk acara pernikahan. Maka dari itu anda hendaknya telah siap untuk memberikan kata sambutan. Dalam acara pernikahan, sebaiknya kata sambutan anda mengandung sejumlah nasihat ditujukan bagi kedua mempelai.

Ada pula yang perlu anda ingat dalam memberikan kata sambutan. Sebaiknya kata sambutan anda tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Mengapa demikian? Karena jika terlalu panjang, tentu tamu undangan akan merasa bosan saat mendengarkannya. Sedangkan jika terlalu pendek, akan dikhawatirkan nasihat yang akan disampaikan kurang tersampaikan dengan baik. Jikalau pun anda memilih untuk memberikan kata sambutan yang agak panjang, maka sampaikan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya membawakan kata sambutan tersebut dengan gaya humoris sehingga tidak menimbulkan kejenuhan.

Sebelum membuat naskah kata sambutan pernikahan, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan, diantaranya adalah :

  1. Mengetahui dengan jelas nama orang yang memiliki hajat atau acara, terutama nama sang kedua mempelai.
  2. Mencari bahan atau materi yang anda sampaikan.
  3. Membuat kerangka sambutan
  4. Mulai menyusun naskah.

Dan sebagai referensi, berikut ini kami akan memberikan contoh kata sambutan RT untuk acara pernikahan. Kali ini adalah kata sambutan RT untuk mewakili pihak keluarga.

Contoh 1 :

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat siang, dan salam sejahtera bagi kita semua.

alhamd lilah aladhi khalaqakum min nafs wahidat wakhalaq minha zawjaha wabatha minhuma rijalaan kathiraan wanisa’ wataquu alllh aladhi tasa’lun bih wal’arham ‘iina alllh kan ealaykum raqibaan. allahum salun wasalam ealaa sayiduna muhammad waealaa alih wasahbih ‘ajmaeina. ‘amaa baed

Yang kami hormati,

Keluarga besar Bpk. …..dan Ibu …
Serta Bapak/Ibu, tamu undangan yang berbahagia.
Segala puji bagi Allah yang telah Menciptakan manusia dari diri yang satu, kemudian Allah Menciptakan baginya pasangan, dan dari keduanya Allah Memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Puji syukur juga kita ucapkan atas semua nikmat yang telah diberikan kepada kita, sehingga pada siang yang berbahagia ini kita dapat mengahadiri acara resepsi pernikahan putra putri kami tercinta ananda ….. dengan ananda … yang telah melaksanakan akad nikah pada pagi hari ini.
Bapak/Ibu, Hadirin yang berbahagia.
Atas nama keluarga besar Bpk. …….., kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang dengan ringan kaki di awali dengan niat yang ikhlas ikut mengantarkan kedua mempelai dalam menempuh kehidupan barunya. Baik Bapak/Ibu yang mengikuti proses ijab dan qabul dalam prosesi akad nikah maupun yang akan memberikan untaian do’a dalam acara resepsi siang hari ini.
Kepada kedua mempelai, kami sampaikan selamat berbahagia.
Saya pribadi sebagai ketua RT bergitu berbahagia karena satu lagi warga saya telah menemukan pasangan sejatinya. Namun, ada amanah besar sebagai seorang suami dan seorang istri yang harus kalian laksanakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kelak nanti. Oleh sebab itu hendaknya rasa syukur dan do’a para tamu undangan pada saat yang berbahagia ini dapat kalian jadikan sebagai momentum untuk meraih keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah.
Selamat menjalani kehidupan yang baru dengan status yang baru, Semoga kalian bisa saling mencintai dikala dekat, menjaga kehormatan dikala jauh, menghibur dikala duka, mengingatkan dikala suka, mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan serta saling menyempurnakan dalam beribadah kepada Allah SWT.

barak allah lak wabarak ealayk wajamae baynakuma fi khayr

Bapak/ibu hadirin yang saya hormati,

Tak henti-hentinya keluarga mengucapkan teriima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dengan ikhlas sehingga acara resepsi pernikahan ini dapat terlaksana dengan baik terutama bagi seluruh panitia yang sudah ikhlas memberikan tenaga dan waktu untuk membantu acara hingga sukses seperti ini. Pihak keluarga tentu hanya dapat mendoakan semoga semua itu dinilai sebagai amal kebaikan dan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. Amin. Kami juga mohon maaf kepada hadirin semunya jika dalam menyambut kehadiran Bapak/Ibu masih terdapat kekurangan dan ada hal-hal yang tidak berkenan.
Wallaahul muwafiq ilaa aqwamith thariiq
Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh
Demikian ulasan kami mengenai kata sambutan RT untuk acara pernikahan. Semoga dapat membantu dan semoga bermanfaat bagi anda ya. Sampai jumpa.
Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.