Fakta Tentang Pink City, Jaipur

Kota Merah Muda

Jaipur merupakan salah satu kota yang ada di India, kota ini dikenal dengan nama kota merah muda atau Pink City. Warna pink pada kota Jaipur bukanlah terjadi karena fenomena alam melainkan dikarenakan tangan manusia. Penasaran? Berikut beberapa faktanya.

Kota Jaipur dahulu kala dipimpin oleh seorang raja yang bernama Maharaja Ram Singh. Iya merubah kota Jaipur menjadi berwarna pink karena untuk menyambut Raja Edward VII dari Inggris pada tahun 1876. Perlu diketahui bahwa India dahulu merupakan jajahan Inggris.

Tujuan Maharaja Ram Singh mengubah Jaipur menjadi kota pink agar Raja Edward dan rombongannya mengingat Jaipur maka dari itu dipilihlah warna pink yang bermakna keramah-tamahan.

Sejak saat itulah Jaipur dikenal dengan sebutan Pink City. Pemerintah yang berwenang saat ini pun juga masih mempertahankan warna pink kota tersebut, kalau ada cat yang pudar segera diperbaharui.

Adapun beberapa bangunan yang berwarna pink di Jaipur yaitu Hawa Mahal atau istana angin yang didirikan oleh Maharaja Sawai Pratap Singh pada tahun 1799. Bangunan yang lainnya adalah City Palace yang merupakan tempat Keluarga Kerajaan tinggal.

Berikut beberapa foto keindahan The Pink City, Jaipur.

Kota Pink Jaipur

Kota Merah Muda

Kota Jaipur