Daftar Drama Korea Remake Terbaik dan Terburuk

Ada begitu banyak drama yang beredar di Korea. Sebagian merupakan murni hasil kreatifitas anak bangsa Korea, namun sebagian yang lain merupakan remake atau daur ulang dari drama-drama asing dan anime. Contoh remake baru-baru ini adalah drama “Fated to Love You” yang ditanyakan di MBC, merupakan adaptasi dari drama Taiwan dari nama yang sama. Berikut adalah drama terbaik dan terburuk tiga hasil remake berdasarkan rating pemirsa versi situs Naver.

Daftar Drama Remake Terbaik dan Terburuk
Apa kabar mereka sekarang ya?

Tiga Drama Remake Terbaik

1. Boys Over Flowers

Remake terbaik hingga saat ini adalah drama “Boys Over Flowers” yang ditayangkan  stasiun televvisi KBS pada tahun 2009. Drama ini membawa sindrom F4 di seluruh dunia dengan rating terbaik dari 33,5% dan nilai rata-rata 28,5%. Drama ini dibintangi Goo Hye Sun, Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Joon, dan Kim Bum. “Boys Over Flowers” adalah remake dari manga Jepang dengan nama yang sama. Sama seperti kesuksesan manga, dramanya pun menuai kesuksesan luar biasa. Tidak hanya di negara asalnya Jepang, tapi juga di Taiwan yang telah lebih dahulu membuat drama ini.

2.  God of Study

Drama KBS “God of Study”  tahun 2010 yang dibintangi antara lain Yoo Seung Ho, Kim Su Ro, Bae Doo Na, Go Ah Sung, Lee Hyun Woo, dan T-ara Jiyeon. Film yang mengangkat tentang kerasnya sistem pendidikan ini diadaptasi dari drama Jepang “Naga Zakura”. Rating terbaik adalah pada 25,1% dengan nilai rata-rata 21,6%.

3. White Tower

Drama tahun 2007 di MBC, “White Tower,” merupakan adaptasi dari drama Jepang dengan nama yang sama. Rating terbaik adalah di 20.8%, dan membawa pemeran utamanya Kim Myung Min mendapatkan penghargaan Top Excellence Acting Award dalam MBC Drama Awards akhir tahun itu. Drama tersebut bercerita tentang ketegangan politik dan perjuangan atas kekuasaan dan kontrol di balik pengaturan sebuah rumah sakit universitas. Sebuah galeri drama juga dibuat, dan bahkan mereka menggunakan stills (gambar potongan-potongan adegan) dari drama untuk membuat produksi kedua.

Beberapa remake top lainnya adalah “That Winter the Wind Blows” (SBS) and “God of Workplace” (KBS).

Daftar Drama Remake Terbaik dan Terburuk
Drama Remake Terbaik

Tiga Drama Remake Terburuk

Tidak semua remake memiliki hasil yang baik. Berikut ini adalah dalam urutan kronologis:

1. 101 Proposal

Drama SBS tahun 2006, “101 Proposal” merupakan remake dari drama hit Jepang dengan nama yang sama pada tahun 1999. Sebenarnya drama ini sudah diadaptasi dalam bentuk film layar lebar pada tahun 1993 dibintangi Kim Hee Ae dan Moon Sung Keun. Karena drama asli dan adaptasi filmnya sangat sukses, remake ini banyak dinanti para penggemar. Namun, akhirnya drama ini diakhiri lebih cepat dari rencana semula yaitu hanya 15 episode karena rating rendah. Beberapa faktor penyebabnya adalah pada saat itu MBC menayangkan drama hit “Chumong.” dan bersamaan dengan penyelenggaran Piala Dunia 2006 di Jerman.

Ini juga menjadi catatan kecil saya, bahwa rata-rata drama berbau sejarah di Korea ratingnya melebihi drama-drama dengan tema biasa. Lihat saja rating Queen Of Seon Deok dan The Moon That Embraces The Sun (TMTES). Kita bandingkan ya drama TMTES dengan You Who From The Star (YWFTS). Keduanya diperankan Kim Soo Hyun dan keduanya menjadi drama terbaik tahun itu. Tapi kalau kita lihat bandingkan ratingnya TMTES mencapai lebih dari 40%, sedangan TMTES hanya berkisar pada angka 22%-an.

Daftar Drama Remake Terbaik dan Terburuk
Daftar Drama Remake Terburuk

2. Mischievous Kiss (Playfull Kiss)

Drama remake terburuk lainnya hingga saat ini adalah drama MBC “Mischievous Kiss” tayang pada 2010. Drama yang dibintangi aktor yang sedang terkait kasus hukum, Kim Hyun Joong dan Jung So Min. Sudah remake dari drama Taiwan dengan nama yang sama, dan mencatat rating terendah di 2,8%, yang terbaik sebesar 7,5%, dan rata-rata 4,9%. Itu merupakan usaha Kim Hyun Joong untuk melanjutkan popularitasnya dari “Boys Over Flowers,” tetapi akhirnya menjadi gagal total karena seting yang overdramatic dan kekanak-kanakan.

3. To the Beautiful You

Yang terakhir adalah drama yang cukup baru pada tahun 2012, “To the Beautiful You” (SBS). Drama tersebut adalah remake dari drama populer Jepang dengan nama yang sama. Versi Jepang memiliki rating rata-rata 17,4%. Sedangkan adaptasi Korea ratis terbaik hanya sebesar 7,3% dan terendah 4,1%. Kritik penonton terhadap drama ini adalah setup ceritanya yang tidak realistis dan bahwa alur drama terlalu lambat. Pasti menjenuhkan ya, mirip dengan beberapa sinetron Indonesia yang hingga mencapai season 9. Hahaha.

Berharapnya semoga tidak ada lagi drama remake yang bernasib tragis ya, tapi kok saya menduga “Fated to Love You” tidak bisa sesukses drama aslinya. Karena saya sudah tamat menonton versi Taiwan, versi aslinya. Tapi… semoga tidak kejadian ya 🙂 [Soompi, Naver]