Tips Mengelola Waktu Biar Tidak Keteteran

Halo sobat remaja, apa kabarnya nih ? mudah-mudahan semua dalam keadaan baik ya. Amin. oia kali ini admin mau share artikel tentang bagaimana sih cara mengelola waktu dengan baik dan benar . Nah artikel ini admin dapat dari seseorang sobat remaja yang sudah mengirimkan artikelnya ke email admin di remajaremaja.com@gmail.com

Artikel tentang manajemen waktu ini dikirim oleh Laras Kiranasari seorang mahasiswi dari London School of Public Relations – Jakarta. Admin sangat berterima kasih sekali karena mbak Laras sudah bersedia berkontribusi untuk blog ini. Nah langsung aja jika ada yang  Merasa Keteteran dengan waktu ? Ini solusinya…

tips-mengelola-waktu

Jadwal yang padat dengan segudang aktivitas rasanya menjadi hal yang sangat melelahkan. Bahkan, membuat kita menjadi stress dan kewalahan dalam melakukan setiap aktivitas yang ada. Tak hayal, hasilnya pun tidak maksimal dan cenderung asal-asalan. Sangat disayangkan bukan? Padahal ada jutaan potensi yang dapat dikembangkan jika setiap aktivitas dilakukan dengan optimal. Jika saat ini kamu berada di bangku sekolah maupun perkuliahan, it’s your time to show off!

Pernahkah kamu mencba membuat Time Management? Jika belum, mari mencoba optimalkan kegiatan dengan menggunakan time management. Apa sih time management itu? Bahasa simplenya adalah kiat mengelola waktu. Membuat time management, sangatlah mudah dan menguntungkan. Dengan mulai membuatnya, maka kamu sudah melakukan 1 langkah lebih maju menuju kesuksesan. Kenapa? Pernahkah kamu mendengar ‘disiplin merupakan kunci kesuksesan’. Ya, itu dia! Time management akan membentuk pola hidup menjadi disiplin, akan menjadi pribadi yang begitu menghargai pentingnya waktu, dan paham cara untuk menyeimbangkan waktu hidupmu untuk belajar dan bersosialisasi lalu antara membagi waktu untuk diri sendiri, keluarga dan juga teman. Menyenangkan bukan? Membuat time management  haruslah diawali dengan niat dan janji pada diri sendiri untuk dapat memenuhinya agar tepat waktu sesuai yang telah dijadwalkan. Berikut langkah-langkah membuat time management:

1. Buatlah dengan menggunakan tabel. Lalu buatlah kolom waktu dan aktifitas. Kamu bisa membagi kegiatan berdasarkan hari, dengan membuat tabel waktu yang berbeda pada setiap masing-masing hari ataupun membaginya berdasarkan weekdays dan weekend, tentu ini akan lebih simple.
2.   Isilah kolom aktivitas dengan kegiatan dimulai dari bangun tidur hingga kembali untuk tidur.
3. Prioritaskan kegiatan wajib kamu.
4. Pada kolom waktu, perkirakan berapa waktu yang  dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut.
5.  Evaluasi secara berkala mengenai jadwal yang telah kamu buat. Apakah sudah dilakukan dengan tepat waktu? Apakah ada waktu yang perlu diperpanjang untuk kegiatan tertentu?

Yang terpenting, janganlah lupa untuk membagi porsi waktu secara adil. Jangan sampai memforsir diri, tanpa menyisakan waktu untuk hiburan dan bersosialisasi. Dalam penerapannya, kita perlu memprioritaskan beberapa kegiatan yang harus lebih dahulu dikerjakan atau diselesaikan. Misalnya, dalam membuat tugas. Prioritaskanlah berdasarkan deadline tugas dikumpulkan, lama waktu pengerjaan, dan seberapa rumit tugas tersebut. Sehingga dalam kolom aktivitas untuk waktu belajar, kamu dapat mengisinya dengan prioritas kegiatan-kegiatan dan dapat selesai tepat waktu. Dengan memiliki jadwal seperti ini, kamu akan terhindar dari lupa mengerjakan tugas, baik tugas rumah maupun tugas sekolah. Karena membiasakan diri disiplin terhadap jadwal yang telah dibuat, maka akan membuat kamu terbiasa bekerja keras dan berkomitmen. “Menikmati sukses menuntut kemampuan beradaptasi. Hanya dengan bersikap terbuka terhadap perubahanlah kamu akan berpeluang untuk memanfaatkan talenta kamu.” – Nole Ryan. Semoga bermanfaat.

Nah demikianlah artikel kali ini mengenai cara memanajemen waktu dengan baik dan benar yang ditulis oleh Mbak Laras Kiranasari Mahasiswi dari London School of Public Relations – Jakarta. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk sobat remaja semua. Terima Kasih.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.