SEJARAH BENDERA KOREA SELATAN

Oleh sebab itulah usulan mengenai adanya bendera mulai bermunculan. Namun ternyata masalah seputar bendera ini masih belum dianggap penting oleh pemerintah setempat. Pada tahun 1880, perkembangan negosiasi asing menyebabkan sebuah kebutuhan akan bendera nasional. Maka dari itu pemikiran pemerintah pun mulai terbuka.

Hal ini pun akhirnya mengukir Sejarah bendera Korea Selatan. Usulan yang paling utama dijelaskan dalam makalah ‘Strategi Korea’ yang ditulis oleh delegasi Tiongkok Huang Zunxian. Proposal ini bertujuan untuk menggabungkan Bendera Dinasti Qing kepada Dinasti Joseon. Menanggapi proposal tersebut, pemerintah mengirim utusan dari Lee Young-Sook untuk menelusuri kemungkinan masalah melalui politisi Li Hongzhang. Li Hongzhang pun menyetujui beberapa bagian dari proposal yang diajukan tersebut. Namun ia juga mengusulkan bahwa beberapa faktor lain harus dibedakan. Dinasti Qing setuju dengan Hongzhang, tetapi tidak diketahui seberapa jauh pemerintah Joseon menggali proposal ini.

sejarah-bendera-korea-selatan-3

Sejarah bendera Korea Selatan pun berlanjut dengan adanya penangguhan terhadap masalah ini. Kemudian muncul kembali dengan ratifikasi dari Perjanjian Amerika Serikat-Korea 1882. Kontroversi akhirnya muncul setelah delegasi Lee Eung-Jun menyampaikan bendera yang mirip dengan bendera Jepang kepada pejabat Tiongkok Ma Jianzhong.

Ma Jianzhong pun menanggapi diskusi tersebut dengan menentang ide yang diusulkan untuk menggunakan Bendera Dinasti Qing dan mengusulkan bendera dengan latar belakang putih, dengan lingkaran setengah merah dan setengah hitam di tengah, dengan delapan garis hitam di sekitar bendera.

Pada tanggal 22 Agustus 1882 Sejarah bendera Korea Selatan kembali terukir. Park Yeong-hyo menciptakan model skala Taegukgi kepada pemerintah Joseon. Park Yeong-hyo menjadi orang pertama yang menggunakan Taegukgi di Kekaisaran Jepang pada tahun 1882. Pada tanggal 27 Januari 1883, pemerintah Joseon resmi memberlakukan Taegukgi untuk digunakan sebagai bendera nasional resmi. Sejak itu pula bendera negara Korea Selatan yang kini kita kenal mulai digunakan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Sejarah bendera Korea Selatan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang Korea Selatan ya.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.