Lukisan Lukisan Misterius di Dunia

Lukisan bukan hanya sebuah gambar biasa, namun juga memiliki sisi misterius tersendiri yang di sembunyikan pembuatnya, beberapa diantaranya seperti yang ada dibawah ini.

1

1. Senyuman Monalisa

Coba perhatikan lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci. Menurutmu Monalisa tampak tersenyum atau tidak? Hmm, kadang tersenyum tetapi kadang tidak. Jadi, sebenarnya, ia tersenyum atau tidak?
Selama bertahun-tahun para pengamat dan peneliti lukisan penasaran dengan misteri senyuman Monalisa. Mereka lalu meneliti lukisan itu dengan sinar X. Dari penelitian itu akhirnya terungkap rahasia senyuman Monalisa.

Apa rahasianya Sfumato yaitu teknik melukis dengan cara memberi lapisan-lapisan warna super tipis pada lukisan. Hasilnya, lukisan tampak berbayang-bayang atau kurang jelas. Nah, Sfumato inilah yang membuat Monalisa kadang tampak tersenyum dan kadang tidak tersenyum.

Konon Leonardo Da Vinci melakukan teknik sfumato di sekitar mulut dan wajah Monalisa hanya dengan jari-jari nya saja tanpa memakai kuas sama sekali.

2

2. Lukisan paus yang tersembunyi

Lukisan berjudul View of Scheveningen Sands dibuat tahun 1641 oleh Hendrick van Anthonisen, seorang pelukis dari Belanda. Selama 140 tahun lukisan Itu disimpan di Museum Fitzwilliam ddi Cambridge, Inggris.

Lukisan itu menampilkan pemandangan pantai dengan orang-orang berkerumunan. Sekilas, tampaknya biasa saja namun kalau dipikir-pikir kenapa orang-orang di lukisan itu berkerumunan?

Tahun 2014 pertanyaan itu terjawab. Ternyata orang-orang berkerumunan di lukisan itu sedang melihat seekor paus yang terdampar di pantai. Paus? Ya, ternyata ada seekor paus yang disembunyikan di lukisan itu.

Lukisan paus itu ditemukan oleh Shan Kuang, seorang peneliti lukisan di Museum Fitzwilliam. Ia memakai pisau dan bahan bahan pelarut khusus untuk menemukan paus di lukisan itu.

Shan Kuang mengatakan lukisan pos itu ditutup atau dilapisi dengan lukisan laut. Kenapa? Zaman dahulu lukisan kadang diubah agar sesuai dengan kebutuhan atau selera penjual atau pemilik lukisan.

3

3. Lukisan hilang Leonardo Da Vinci

Lukisan Battle of Marciano karya Giorgio Vasari, terpampang megah di dinding Palazzo Vecchio di Florence, Italia. Siapa sangka di belakang lukisan itu, diduga, tersembunyi lukisan Leonardo Da Vinci yang telah lama hilang yakni The Battle of Anghiari.

Pada tahun 1500-an, Leonardo Da Vinci membuat lukisan The Battle of Anghiari. Kira-kira 50 tahun kemudian Giorgio Vasari ditugaskan merancang-ulang ruangan Palazzo Vecchio. Saat itulah diperkirakan Giorgio Vasari melindungi lukisan Leonardo Da Vinci agar tidak dihancurkan. Caranya, Ia membuat lukisan dinding di atas lukisan tersebut.

Tahun 1970-an, Maurizio Seracini, seorang ahli seni, menemukan petunjuk di lukisan Giorgio Vasari itu. Di lukisan itu, tertulis kata “cerca trouva” yang artinya “carilah, maka kau akan temukan.”
Lalu, Seracini dan timnya mendapat izin untuk mengebor lubang-lubang kecil pada lukisan Giorgio Vasari. Ternyata, mereka menemukan beberapa bukti. Salah satunya, bubuk hitam yang diduga adalah cat yang biasa dipakai Leonardo Da Vinci untuk melukis.

Apakah benar ada lukisan Leonardo Da Vinci? Sampai saat ini para ahli belum tahu pasti Karena penelitian dihentikan untuk sementara waktu

4

4. The Creation of Adam

Michelangelo adalah otak dibalik terciptanya lukisan fenomenal “The Creation of Adam”. Ia adalah seorang pelukis serta pemahat terkenal pada zaman Reinessance di Italia. Ngomong ngomong soal otak, tahukah kamu bahwa dalam lukisan “The Creation of Adam” terdapat anatomi otak?

Semua orang tahu kalau Michelangelo adalah seorang seniman professional dan pemahat kelas dunia. Akan tetapi, jarang diketahui oleh khlayak banyak bahwa ia sangat menyukai anatomi tubuh manusia bahkan saking tertariknya, ia, diumur ke 17 tahun sudah membedah mayat dari kuburan yang ada di gereja.

Lanjut kembali ke “The Creation of Adam”, pada lukisan ini kamu akan melihat struktur otak yang cukup kompleks berada di belakang jesus. Jika kamu perhatikan lebih detil kamu akan menemukan anatomi otak seperti serebellum (otak kecil), optic chiasm, dan kelenjar pituitari.

5

5. Young Mozart’s Potrait

Di perkirakan lukisan Mozart muda ini memiliki hubungan dengan Freemasonry yang merupakan organisasi persaudaraan rahasia yang di mulai sejak abad 16 dan 17. Lukisan ini di buat oleh seorang pelukis anonim namun diduga dibuat oleh Antonio Lorenzini.