KATA SAMBUTAN PERNIKAHAN MEWAKILI MEMPELAI LAKI-LAKI

Kali ini masih tentang kata sambutan. Kata sambutan yang sering kali kita jumpai adalah kata sambutan pernikahan mewakili mempelai laki-laki. Kata sambutan ini menjadi salah satu kata sambutan yang selalu ada dalam sebuah acara pernikahan. Kata sambutan ini biasanya pula menjadi sarana untuk menyampaikan nasehat untuk kedua mempelai dan menjadi sarana untuk menyampaikan bahwa mempelai laki-laki tersebut sudah menjadi bagian dari keluarga mempelai wanita.

Tidak usah berpanjang lebar, berikut ini, kami akan memberikan contoh kata sambutan pernikahan mewakili mempelai laki-laki.

Contoh 1 :

Assalamu’alaikum Wr, Wb.
Yth. bapak shahibul hajat yang kami hormati,
Yth. para alim ulama dan tokoh masyarakat yang kami muliakan, serta mempelai berdua yang pada hari ini sangat berbahagia.

Alhamdulillah…
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sekalian. Sehingga kita dapat mengantarkan serta melangsungkan pernikahan putra kami ….. bin ….. dengan mempelai putri ….. bin …..

Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada jungjungan Nabi Muhammad Saw, karena beliau-lah kita mendapat petunjuk jalan yang lurus untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat. Aamiin ya Rabbal Allamin.

Para undangan yang kami hormati,
Kami selaku pihak dari mempelai laki-laki mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penyambutan yang luar biasa kepada kami beserta rombongan. Kami tidak dapat mengungkapkan dengan kata-kata bagaimana rasa bahagia yang kini kami rasakan. Pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk menyampaikan beberapa hal.

Hari ini kami menyerahkan anak kami ….. (sebutkan nama mempelai laki), dan mulai saat ini saudara ….. telah resmi menjadi putra bapak serta menjadi anggota keluarga bapak …. Oleh karena itu hendaknya bapak/ibu besan, jangan segan-segan memberi nasehat mengarahkan jalan hidup berumah tangga yang baik, rukun, tentram, serta mewujudkan rumah tangga yang sakinnah, mawaddah, warahmah. Aamiin Allahuma Aamiin.

Demikian pula kepada warga disini lebih-lebih para tokoh masyarakat, kami titipkan saudara ….. untuk menjadi warga baru disini. Mohon kiranya kita dapat saling membantu. Peringatkanlah dengan cara yang baik bila dalam kekhilafan dan sertakan dalam kegiatan kampung. Karena kami tahu, ananda kami ini masih banyak kekurangan dan masih sangat membutuhkan bimbingan dari bapak ibu sekalian.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin sekalian yang berbahagia,
Tak henti-hentinya pula kami mendoakan kedua mempelai agar selalu  rukun selalu dalam mengarungi samudra kehidupan dan karuniai putra-putri yang shaleh ta’at kepada orang tua. Serta ananda bedua hendaknya menghadapi semua goncangan yang akan menerpa rumah tangga kalian dengan hati yang sabar dan ikhlas. Sebisa mungkin selesaikan masalah kalian sebelum terbenamnya matahari atau sebelum pagi kembali tiba.

Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian yang berbahagia,
Kiranya sampai disini dahulu sambutan kami, kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kepada Allah sang pencipta, kami memohon ampun. Akhirul kata Wassalamu’alaikum Wr, Wb.

Contoh 2 :

Bapak-bapak, Ibu-ibu yang kami hormati, serta hadirin sekalian yang berbahagia.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua. Marilah secara bersama-sama kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, atas nikmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga pada hari yang cerah ini kita dapat berkumpul bersama-sama menghadiri resepsi pernikahan adinda….. dan adinda….

Sebelumnya, kami mengucapkan rasa terima kasih yang teramat dalam, karena hari ini kami telah disambut dengan penuh suka cita. Penyambutan yang bagi kami begitu luar biasa ini tentu tak akan pernah kami lupakan. Hal ini semakin menunjukkan bagaimana keluarga ini begitu menerima kehadiran kami. Sekali lagi, kami ucapkan berjuta terima kasih kepada bapak….. sekeluarga.

Sebagai orang tua, sekaligus atas nama Bapak ………….. sekeluarga, sesuai dengan amanat yang kami bawa, maka kami pada hari ini menyerahkan putra kami yang bernama …………… kepada bapak ………….. sekeluarga, untuk diakui sebagaimana layaknya putra sendiri. Untuk itu sepenuhnya kami persilahkan Bapak dengan ikhlas menerimanya, sekaligus menerima kami sebagai keluarga besar Bapak, sebagaimana kami juga menerima keluarag Besar Bapak ………….. sebagai keluarga besar kami sendiri.

Sebagai orang tua, kepada pengantin berdua kami hanya berpesan, berbahagialah kalian, namun ingatlah bahwa masih banyak amalan sebagai seorang suami dan seorang istri yang harus dihadapi sehari-hari. Ananda (mempelai pria) hendaknya kamu memperlakukan istri mu dengan baik, jangan pernah engkau menyakiti hatinya. Karena ingat jika kamu menyakiti hati istri mu, maka rezeki Allah tak akan turun kepada mu. Begitu pula dengan ananda (mempelai wanita), hendaknya kamu melayani suami mu dengan hati yang ikhlas dan penuh dengan rasa cinta. Karena saat ini setelah kamu sah menjadi istri, maka surga mu terletak pada keridhoan suami mu.

Oleh sebab itu hendaknya rasa syukur hari ini hendaknya kalian pakai sebagai pedoman bukan justru untuk lupa diri, namun sebaliknya malam untuk mawas diri. Semoga bahtera hidup kalian senantiasa terbentuk di jalan Allah, senantiasa dalam lindungan Allah, dan senantiasa dlm rahmat dan ridha Allah SWT. Amin ! Bapak …………….. sekeluarga yang kami hormati, kiranya ini saja dulu amanat dari Bapak ………… (nama ayah mempelai pria), yang kini telah kami sampaikan dengan penuh rasa ikhlas.

Semoga Bapak ……… berkenan. Hadirin yang kami muliakan, akhirnya marilah kita doakan mempelai berdua, semoga apa yang diinginkannya senantiasa tercapai di atas ridha Allah SWT. Aamiin ya rabbal allamin

Billahitaufiqwalhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah ulasan kami mengenai kata sambutan pernikahan mewakili mempelai laki-laki. Sudah jelas bukan? Semoga ulasan kami ini dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.