18 Fakta Tour de France Yang Layak Untuk Diketahui

Salah satu ajang sepeda yang paling banyak diminati oleh pesepeda di seluruh dunia adalah Tour de France. Lomba yang dilakukan di Prancis ini merupakan ajang yang paling banyak di ikuti dan juga menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan. Lalu, apa saja sih fakta tentang Tour de France in? Yuk simak dibawah ini.

Fakta Tour de France
1. Rute tempuh Tour de France pada tahun 2014 adalah sekitar 2.276 mil. Sedangkan rute tempuh yang paling jauh yang pernah dilakukan adalah pda tahun 1926 yakni 3.570 mil.

2. Jumlah botol minuman yang di butuhkan pada ajang ini sekitar 42.000 botol minuman.

3. Eddy Merckx adalah orang yang paling sering memenangkan stage atau tahapan sebanyak 34 kali.

4. Nama lain dari Tour de France adalah La Grande Boucle yang berarti kayuhan besar.

5. Rata rata para pesepeda yang mengikuti ajang Tour de France ini membakar 4.000 sampai 5.000 kalori setiap tahapannya atau sebanyak 123.900 kalori untuk keseluruhan tahapan di Tour de France.

5. Jumlah kayuhan rata rata ntuk keseluruhan rute yang dilombakan selama 3 minggu adalah 486.00 kayuhan.

6. Hinga tahun 1960 an, para pesepeda di perbolehkan untuk meminum alkohol selama perlombaan untuk mengurangi rasa sakit. Setelah itu, meminum alkohol di larang karena dapat menstimulasi otot.

7. Keringat yang dihasilkan para pesepeda selama latihan Tour de France, dapat menyiram toilet sebanyak 39 kali.

8. Lebih dari 12 juta penonton yang menyaksikan Tour de France sehingga membuat event olahraga ini sebagai event olahraga terbesar di dunia.

9. Selama waktu istirahat Tour de France, para pesepeda tidak bermalas-malasan, mereka tetap bersepeda paling lama selama 2 jam agar mereka tetap fokus dalam perlombaan ini.

10. Jarak menang terpendek yang pernah tercatat dalam sejarah Tour de France adalah 8 detik yang di lakukan oleh Greg LeMond yang di dahului oleh Laurent Fignon.

11. Juara 5 kali Tour de France asal Prancis, Bernard Hinault mengatakan kalau pesepeda amatir harus berpikir panjang untuk mengikuti ajang ini karena banyak pesepeda setelah mengikuti ajang ini pergi ke dokter atau ke psikiater.

12. Total uang yang di rebutkan dalam ajang ini adalah sekitar 4.3 juta dolar.

13. Sebanyak 3.5 Miliar orang menyaksikan Tour de France di TV.

14. Ban sepeda yang digunakan selama 3 minggu Tour de France oleh semua tim adalah sekitar 790 ban sepeda.

15. 96 hari adalah waktu terlama yang dibutuhkan Eddy Merckx berseragam jaket kuning.

16. Pemenang pertama Tour de France adalah Maurice Garin, yang kemudian memenangkan lomba ini kembali pada tahu 1904. Namun, kemenangan nya tersebut di batalkan karena kedapatan curang menaiki kereta menuju alpen.

17. Rata rata kecepatan pesepeda dalam Tour de France pada tahun 2005 adalah 25.7 mil per jam.

18. Pemenang Tour de France mendapatkan uang sebanyak $609.525.